Kinerja Prabowo Dapat Sambutan Positif Milenial, Pengamat: Anak Muda Tidak Mudah Terjebak Pencitraan



JAKARTA - Kinerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dapat sambutan positif dari kalangan milenial.

Hal tersebut terekam dari hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN).

Dalam survei yang dirilis periode 10 – 19 Juli 2023 terbukti Prabowo mendapatkan banyak dukungan dari para pemilh muda yang akan ikut memilih pada Pilpres 2024 mendatang.

Lebih lanjut, sebanyak 39,8 persen responden kelompok umur 17 – 24 tahun yang mewakili generasi Z mengaku akan memilih Prabowo pada kontestasi demokrasi mendatang. Adapun alasan generasi Z memilih Prabowo karena menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu dipandang sebagai sosok pemimpin yang apa adanya dan juga fokus kepada kepentingan nasional.

“Anak muda Indonesia ternyata termasuk dalam kategori pemilih rasional (rational voters) yang tidak mudah terjebak oleh pencitraan. Dalam hal ini Prabowo dipandang oleh Gen-Z sebagai sosok pemimpin yang apa adanya, tulus, dan total fokus pada kepentingan nasional,” ujar Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, dalam keterangan resminya, Jumat (25/8).

Tak hanya fokus kepada kepentingan nasional, Gema menambahkan, pada survei LSN kali ini juga mayoritas generasi Z turut serta mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menhan di Kabinet Indonesia Maju. Adapun kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan terbaik di era Presiden Jokowi memang dibuktikan dengan berbagai macam hal, terutama yang berkaitan dengan penguatan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan negara.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Prabowo yaitu bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd James Austin III di Gedung Pentagon, Amerika Serikat, pada Kamis (24/8). Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan juga Amerika Serikat telah memutuskan bersama untuk menguatkan hukum dan norma internasional.

Kemudian meningkatkan kemampuan keamanan dan pertahanan bersama, serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi bersama. Tak hanya itu, Prabowo dan juga Austin sepakat ASEAN Outlook on The Indo-Pacific dan Strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama, seperti komitmen untuk menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan melalui Sentralitas ASEAN, dan bekerja sama dengan mitra yang memiliki tujuan yang sama, serta berkomitmen penuh terhadap tatanan yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan.

“Mayoritas dari Gen-Z juga mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI sebagaimana ditemukan dalam survei LSN kali ini,” tutur Gema.

0 Komentar