Menhan Prabowo Subianto Resmikan Sumur Bor di Gunungkidul, Bantu Air Bersih untuk Warga

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengunjungi Kabupaten Gunungkidul pada Rabu (09/08/2023).

Kunjungan dilakukan untuk meresmikan bantuan sumur bor dan pipanisasi air bersih di Bumi Handayani.

Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan para ahli. Terutama dengan Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

"Kami terjunkan tim untuk mencari sumber air di wilayah yang membutuhkan di Indonesia," kata Prabowo di Kalurahan Wareng, Wonosari.

Pencarian sumber air ini pun membuahkan hasil. Sebanyak 10 titik sumur bor di Gunungkidul dan 1 titik di Bantul berhasil dibangun dan diresmikan pemanfaatannya hari ini.

Prabowo mengatakan program ini juga salah satu instruksi yang diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Instruksinya antara lain menangani permasalahan yang ada di masyarakat.

"Salah satunya lewat program penyediaan air bersih ini," ujarnya.

Prabowo pun langsung meninjau dan merasakan derasnya kucuran air yang diambil lewat sumur bor di Wareng. Ia ikut berbasah-basahan bersama anak-anak yang tengah bermain air.

Ia mengaku ikut senang dan bangga karena bisa datang meresmikan bantuan tersebut. Sebab bisa melihat langsung kegembiraan masyarakat yang mendapatkan air bersih.

"Air ini kebutuhan dasar bagi masyarakat, tentunya akan membawa berkah," kata Prabowo.

Rektor Unhan RI, Letjen TNI Jonni Mahroza mengatakan Gunungkidul jadi sasaran keempat dari program bantuan tersebut. Proyek pembangunan dimulai sejak 15 Mei dan rampung pada 4 Agustus 2023.

Prosesnya dilakukan lewat program pengabdian masyarakat. Khususnya dari Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains Teknologi, Unhan RI.

"Fasilitas sumur bor di Gunungkidul ini bisa melayani sekitar 1.760 kepala keluarga (KK) atau sekitar 6 ribu jiwa," ujar Jonni.

0 Komentar