Partai Politik Penyokong Prabowo Subianto di Pilpres 2024



JAKARTA - Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Ihza Mahendra secara resmi telah mengumumkan bakal mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan itu diumumkan bersamaan dengan hari lahir atau Milad PBB ke-25 yang digelar di ICE, BSD, Kota Tangerang, Minggu (30/7). Prabowo turut hadir dalam acara itu, bersama PKB sebagai rekan koalisi di Koalisi Kebangkita Indonesia Raya (KKIR).

"Mengesahkan Prabowo Subianto sebagai capres yang didukung PBB pemilu 2024," demikian bunyi keputusan yang dibacakan Sekjen PBB Afriansyah Noor.

Dengan keputusan itu, PBB menjadi satu-satunya partai selain Gerindra yang resmi mendukung Prabowo sebagai capres di Pilres 2024. Gerindra sebelumnya resmi kembali mengusung Prabowo pada 2022 lalu.

Sementara, PKB selaku rekan koalisi Gerindra di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) hingga kini belum mengumumkan secara resmi mendukung Prabowo sebagai capres. PKB sejauh ini masih memajukan ketua umum mereka Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai capres.

"Yang pertama bahwa PKB mengusung Prabowo sebagai capres. Itu harus dicatat," kata Reza di restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta.

Namun, pernyataan Reza buru-buru diklarifikasi oleh sejumlah politik PKB yang lain. Waketum PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa partainya masih mengusung Cak Imin. Jazilul sekaligus mengkritik pernyataan Reza karena disampaikan di luar kewenangan.

"Itu tim teknis kok nyatakan sesuatu yang bukan kewenangannya," kata Jazilul di kompleks parlemen, Kamis (11/5).

Selain PBB, sejumlah partai sempat memberi sinyal memberi dukungan kepada Prabowo. PAN dalam beberapa kesempatan bakal mendukung Prabowo jika menerima tawaran Erick Thohir sebagai cawapres.

Teranyar, mayoritas Ketua DPD I Partai Golkar disebut mendorong Airlangga agar segera mengumumkan dukungan ke Prabowo.

"Dalam diskusi santai dan informal sebagian besar suasana kebatinan beberapa DPD I mendorong agar Golkar bisa berkoalisi dengan Gerindra," kata Ketua DPD Golkar Kalimantan Barat.

Sementara, dalam sambutannya usai didukung PBB, Prabowo mengaku senang karena sejumlah elite partai lain turut hadir. Mereka perwakilan dari partai parlemen maupun nonparlemen. Misalnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPP Partai Golkar Manahan Samuel Toruan, Ketua Umum PKN Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, hingga perwakilan dari Partai Buruh dan PSI. "Saya yakin kita akan melihat penambahan kekuatan-kekuatan politik di hari-hari dan minggu yang akan datang," ucap Prabowo Menteri Pertahanan itu juga mengungkapkan keinginannya untuk menyatukan semua kekuatan politik jika dirinya diberi kepercayaan terpilih di Pilpres 2024. "Saya bertekad, manakala dengan dukungan saudara, saya diberikan kepercayaan, mandat oleh rakyat, saya akan mengajak semua kekuatan politik untuk bersatu," kata Prabowo dalam pidatonya.

0 Komentar