Prabowo dan Barisan Pendukungnya yang Kian Membesar



JAKARTA - Barisan pendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 semakin bertambah.

Prabowo diumumkan sebagai bakal calon presiden (capres) oleh partainya melalui Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra pada Agustus 2022 lalu. Menteri Pertahanan tersebut menyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden karena didukung oleh kader partai yang dia pimpin.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia,” kata Prabowo dalam Rapimnas Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Dukungan pencapresan buat Prabowo pun membesar. Baru-baru ini, Partai Bulan Bintang (PBB) turut menyatakan mendukung Prabowo sebagai calon RI-1.

Deklarasi dukungan itu diumumkan dalam perayaan Milad ke-25 PBB, Minggu (30/7/2023). Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) DPP PBB Nomor 203236/PILPRES/2023 tentang Calon Presiden RI periode 2024-2029.

"Memutuskan, menetapkan Calon Presiden RI periode 2024-2029. Mengesahkan H Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI yang didukung oleh Partai Bulan Bintang pada Pemilihan Umum tahun 2024," bunyi surat keputusan PBB.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra optimistis, Prabowo akan memenangkan Pilpres 2024 setelah didukung partai yang ia motori.

"Pada kesimpulan sekali ini, PBB harus memutuskan untuk mencalonkan Pak Prabowo sebagai capres. Insya Allah sekali ini setelah Prabowo maju 2014, mungkin 2019 beliau belum memenangkan. Tapi kali ini insya Allah dengan dukungan PBB, Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres 2024," ujar Yusril di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Saat Prabowo mendeklarasikan diri sebagai capres Gerindra, partainya turut menyepakati kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kedua partai membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

PKB sedianya belum secara resmi menyatakan dukungan buat Prabowo. Namun, sejauh ini partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut cenderung mesra dengan Gerindra.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar pernah menyatakan bahwa partainya siap mendukung Prabowo jika mantan Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) itu siap berlaga di panggung pemilu.

“Ya kalau memang Pak Prabowo sudah mantap, ya kita tentu saya siap saja untuk mendukung beliau. Dan tentu kita nanti akan pada saatnya secara resmi akan kita umumkan,” kata Imin usai sowan ke kediaman Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz di bilangan Matraman, Jakarta Timur, Kamis (11/5/2023), dikutip dari video Kompas TV.

Dukungan PKB untuk Prabowo juga sempat ditegaskan oleh Ketua DPP PKB Faisol Riza.

"Yang pertama bahwa PKB mengusung Prabowo sebagai capres. Itu harus dicatat," ujar Faisol dalam jumpa pers, Rabu (10/5/2023).

0 Komentar