Peluang Prabowo Gandeng Yenny Wahid usai Cak Imin Keluar Koalisi

JAKARTA - Nama Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid disebut-sebut berpotensi akan digandeng Prabowo Subianto sebagai bakal cawapres pada Pilpres 2024. Keduanya sempat bertemu di kediaman ketum Partai Gerindra itu pada Rabu (6/9/2023). Dalam pertemuan tersebut, Yenny memastikan dirinya akan mendukung Prabowo maju di Pilpres 2024.

“Secara rasional, berkomunikasi dengan Pak Prabowo, Pak Prabowo ini mempunyai visi yang sangat luar biasa. Bagi kami, Pak Prabowo ini top list. Jadi, prioritas paling utama karena ada kesamaan-kesamaan visi,” kata Yenny di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023).

Yenny Wahid mengaku sudah memiliki kesamaan-kesamaan secara rasional. Namun, putri Gusdur tersebut mengaku perlu menapaki mekanisme spiritual dahulu.

“Saya dari awal ya selalu mengatakan bahwa ketika membuat keputusan itu akan memakai pertimbangan rasional dan spiritual. Satu, pertimbangan spiritualnya adalah harus ke makam bapak. Jadi, dari sisi pertimbangan spiritual memang saya harus melalui itu dulu,” kata Yenny.

Yenny menambahkan, “untuk bacawapres Pak Prabowo, saya berharap itu nanti menjadi representasi anak muda. Karena kita butuh itu, anak-anak muda terwakili suaranya dan Pak Prabowo siapa pun cawapres yang dipilih mewakili anak muda,” tutur Yenny.

Pertemuan Yenny dan Prabowo ini dilakukan setelah PKB dan Muhaimin Iskandar resmi keluar dari Koalisi Indonesia Maju. Pria yang akrab disapa Cak Imin itu awalnya adalah kandidat cawapres Prabowo yang diusulkan PKB, tapi akhirnya memutuskan merapat ke Koalisi Perubahan dengan menjadi bakal cawapres dari Anies Baswedan.

Secara terpisah, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga adik kandung Prabowo, Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan, Prabowo sedang mempertimbangkan cawapres dari kalangan NU. Ia bahkan secara spesifik menyebut nama Yenny.

“Ya pantas lah [Yenny Wahid] di antara beberapa bacawapres lainnya,” kata Hashim di Rumah Pemenangan Relawan Prabowo, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023).

Pertimbangan lainnya, kata dia, adalah karena Prabowo kenal secara personal dengan putri Presiden ke-4 RI, Abdurahman Wahid tersebut. Suami Yenny, Dhohir Farisi pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra.

“Mbak Yenny, kan, suaminya dulu anggota DPR dari Gerindra jadi kami sangat kenal,” jelas Hashim.

0 Komentar